Sunday, May 10, 2015

Cara Edit Tulisan Hasil Scan-an PDF

Ketemu lagi sobat fisikers, setelah sekian lama absen ngeblog tiba2 saya ingin membuat postingan diblog sederhana ini. Kali ini berdasarkan pengalaman yang saya alami semasa kuliah ketika mendapat tugas untuk presentasi materi fisika dimana sumber buku yang digunakan sebagai referensi materi sudah ditentukan sendiri oleh dosen pengampunya. Sayangnya bukunya dalam bentuk file scan-an dalam format pdf dan berbahasa alien (baca:inggris) :D. Karena saya bukan alien jadi musti saya translate dulu via mbah gugel.

Tapi sekarang muncul masalah baru, file tersebut tidak dapat saya copy untuk kemudian saya pastekan pada mbah gugel translate karena filenya dalam format pdf dan merupakan hasil scan-an buku aslinya jadi terlihat seperti gambar bukan tulisan. Sempat putus asa karena mesti ditulis ulang di mbah gugel translate.

Setelah tanya2 dengan mbah gugel ternyata masalah tesebut dapat diatasi yaitu dengan menggunakan aplikasi yang bernama Advanced OCR, aplikasi ini fungsinya untul mengubah gambar pada pdf menjadi bentuk teks tidak hanya gambar pada file pdf tapi kamu juga bisa mengambil teks pada foto/gambar menjada teks menggunakan aplikasi ini. Biar gak binggung oke langsung saja ke TKP:

 Alat dan Bahan:
Download dulu Advanced OCRnya: DOWNLOAD
Siapkan filenya (disini saya pakai file pdf yang isinya scan-an buku.

Langkah-langkah:
- Instal Advanced OCR yang sudah didownload tadi.
- Buka Advanced OCR yang telah diinstal


--Kemudian pilih Load PDF, dan masukkan file scan-an pdf yang akan diedit teksnya


-maka tampilannya akan seperti ini

- Menu PAge untuk memilih halaman berapa yag ingin sobat edit teksnya, kemudian zoom in hingga 200% lalu pilih menu ORC


-Maka tampilan akan berubah seperti berikut ini. Kemudian klik menu OCR,


-Tunggu sebentar dan TADAA, hasil scan-an sudah berubah jadi teks, dan jangan lupa untuk di koreksi kembali biasanya kalo gambar teksnya kabur atau tidak jelas maka hasilnya akan sedikit berantakan.

SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERMANFAAT




tag: edit scan, edit scan pdf, edit tulisan pdf, edit tulisan hasil scanan pdf,

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang selalu meninggalkan jejak. Silakan berkomentar dengan sopan :D